Digital Marketing

Yallo, Sobat Dunia Kampus


Digital Entrepreneruship “ The internet and digital technologiesare transforming our world. Digital technology has to be our future” Jean – Claude Juncker.Apa maksudnya ?. Kita bisa melihat dari kutipan diatas bahwa peran internet dan teknologi digital telah merubah dunia saat ini, mengubah pola perilaku konsumen sehingga terjadinya shifting pada perilaku konsumen kemudian ditangkap sebuah peluang oleh pemilik bisnis bahwa kita harus bisa memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen sehingga digital teknologi menjadi sebuah jawaban yang kita berikan kepada konsumen supaya kita tetap bisa bersaing didunia wirausaha. Jadi jika kita ingin menguasai masa depan maka kita harus menguasai digital teknologi.

Mengapa Digital Marketing Penting untuk Dipelajari

- Karena menurut data januari 2019. Indonesia memiliki 150 juta pengguna internet, 150 juta pengguna media sosial, dan juga 130 juta orang yang menggunakan media sosial menggunakan smartphone  sehingga mengapa beberapa pemasar saat ini menggunakan media sosial sebagai strategi pemasarannya.

- Menurut data januari 2020, pertumbuhan penggunaan smartphone lebih tinggi dari pertumbuhan penduduk Indonesia bahkan pertumbuhan penggunaan internet jauh lebih tinggi. Kalau kita lihat pertumbuhan penggunaan smartphone, akses terhadap internet, dan pengguna aktif media sosial tumbuhnya sangat cepat jika di bandingkan dengan pertumbuhan populasi itu sendiri sehingga itu merupakan gejala positif yang seharusnya dipandang oleh entrepreneur sebagai peluang. Artinya muncul suatu pola baru dalam konsumen kita bahw kita harus mempertimbangkan media digital sebagai strategi marketing kita dan mulai mengurangi penggunaan strategi konvensional karena media media konvensional sudah tidak cukup efektif dan efisien bagi entrepreneurship

- Menurut data januari 2019, Rata – rata orang di indonesia menghabiskan waktu diinternet selama 8 jam 36 min per hari. Internet mungkin saja diakses mulai kita membuka mata sampai dengan kita mengakhiri aktivitas kita dihari itu. Ini merupakan peluang yang cukup besar bagi entrepreneur untuk menggunakan media digital sebagai media promosi atau pemasarannya. Selain era Revolusi Industri 4.0 yang sekarang sedang banyak digaungkan. Pandemi Covid-19 telah mengakselerasi penggunaan media digital karena mobilitas dan aktivitas kita dibatasi oleh pemerintah sehingga meningkatkan waktu yang kita habiskan untuk mengakses internet dan media sosial.

- Menurut data januari 2019, YOUTUBE merupakan media sosial platform yang paling banyak digemari oleh pengguna media sosial. Data ini merupakan wawasan baru atau informasi bagi para pelaku usaha. Setidaknya para pelaku usaha bisa mempertimbangkan bahwa mereka bisa memasang iklan melalui media media platform yang paling banyak dikunjungi oleh para pengguna media sosial.

 

SOSTAC Marketing Diagram

            Sostac inilah yang akan kita rancang atau disebut sebagai pemasaran digital yang kemudian akan kita susan dan kita rancang untuk usaha kita.

- Situation Analysis

Jika kita ingin menggunakan digital marketing kita harus tau situasi atau posisi kita saat ini. Situation Analysis menjelaskan tentang posisi kita sekarang

- Objective

 Setelah menyusun Situation Analysis kita perlu juga merancang tujuan kita. Apa tujuan kita  ?

- Strategi

Strategi akan membicarakan tentang “how do we get there ?” atau bagaimana caranya kita untuk mencapai tujuan itu

- Tactics

Tactis merupakan hasil pengkerucutan atau penyempitan dari strategi yang sudah kita buat atau cara – cara yang lebih generic yang kita buat untuk mencapai tujuan kita

- Action

Action merupakan permulaan dari tactics yang sudah dibuat

- Control

Control adalah cara kita memonitor performa usaha kita. Kita perlu menyusun key performance indicator, apakah langkah – langkah yang sudah kita susun, strategi yang sudah kita buat, action yang sudah kita lakukan, sudah cukup bisa memenuhi target kita, apakah sudah bisa mencapai tujuan yang kita inginkan. Jika tujuan itu belum tercapai maka kita akan kembali keawal karena ini adalah sebuah siklus

 

A. Situation Analysis

1. 5S dalam Digital Marketing

- Sell – kita harus mencatat posisi tingkat penjualan kita itu sudah sampai mana

- Serve – adalah berbicara tentang value added, bagaimana kita saat ini memberikan layanan kepad konsumen kita, Value added apa yang sudah kita berikan kepada konsumen kemudian kita evaluasi kembali

- Save – sudah efisienkah kita dalam hal biaya ?. Jika kita menggunakan media konvensional maka sudah dipastikan usaha kita belum maksimal atau efisien. Jika kita sudah bergeser ke media digital maka biaya yang kita gunakan sudah dipastikan lebih efisien

- Speak – adalah berbicara tentang bagaimana kita membanguan engagement dengan konsumen kita. Bagaimana kita mengkomunikasikan produk atau layanan yang kita punya kepada konsumen kita. Artinya strategi yang kita lakukan apakah sudah efektif bisa menyentuh konsumen kita

- Sizzle – adalah bagimana kita melakukan extension kepada produk dan layanan yang kita punyai. Jika dulu kita hanya menggunakan toko yang artinya konsumen datang ke kita. Tetapi misalkan kita menggunakan media digital, kita kemungkinan bisa mendekati konsumen bahkan mungkin cakupan konsumen kita bisa lebih luas. Artinya kita bisa memperanjang layanan kita begitupun dengan produk – produk kita.

2. Customer insight

Aadalah bagaimana penilaian atau pandangan konsumen terhadap keberadaan kita

3. E-marketplace SWOT

Penyusunan SWOT berguna agar kita mengetahui kekuatan, kelemahan usaha kita dan juga kita apa peluang dan ancaman kita dari luar. Dengan begitu kita bisa mengevaluasi bisnis yang kita lakukan sekarang.

B. Objective

1. 5S Objective

Merupakan tujuan yang mau kita ubah. Apakah kita mau mengimprove sell atau serve. Seberapa besarkah kita ingin efisiensi dalam bisnis kita.

C. Strategy

1. Segmentation

Siapkah target kita ?

2. OVP

Apa kelebihan produk kita dari yang lainnya ?

3. Sequence

Bagaimana kita meningkatkan kerdibilitas kita melalui media digital. Dengan membuat review digital kita jadi mengetahui apakah produk kita sudah baik atau kita bisa mengetahui kenapa konsumen tidak puas.

4. Tools

Apa saja yang akan kita gunakan atau channel apa saja yang akan kita gunakan dalam digital marketing kita.

D. Tactics

- E- marketing mix, termasuk : the communications mix, social networking

- Details of contract strategy, tentang bagaimana kita menjalin komunikasi terkait tentang bagaimana kita melakukan penjadwalan secara detail.

- E-campaign initative schedule

E. Actions

Merupakan detail tentang taktik, siapa yang melakukan sesuatu ? kapan ?. Action misalkan jika kita melakukan promosi melalui media digital

- Responsibilities and structures

- Internal resources and skills

- External agencies

F. Control

How do we monitor performance ?. Dalam hal kontrol kita perlu merancang yang namanya Key Performance Indicators. Ketika diobjective kita menyusun 5s menjadi tujuan kita maka di Key Performance 5s harus naik sesuai dengan objective yang sudah kita tetapkan.

- 5Se + Web analytics – KPIs

- Usability testing/mystery shopper

- Customer satisfaction surveys

- Site visitor profiling

- Frequency of reporting

- Process of reporting and actions

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kewirausahaan Digital