Digital Marketing
Yallo, Sobat Dunia Kampus
Digital Entrepreneruship “ The internet and
digital technologiesare transforming our world. Digital technology has to be
our future” Jean – Claude Juncker.Apa maksudnya ?. Kita bisa melihat dari
kutipan diatas bahwa peran internet dan teknologi digital telah merubah dunia
saat ini, mengubah pola perilaku konsumen sehingga terjadinya shifting pada
perilaku konsumen kemudian ditangkap sebuah peluang oleh pemilik bisnis bahwa
kita harus bisa memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen sehingga digital
teknologi menjadi sebuah jawaban yang kita berikan kepada konsumen supaya kita
tetap bisa bersaing didunia wirausaha. Jadi jika kita ingin menguasai masa
depan maka kita harus menguasai digital teknologi.
Mengapa Digital Marketing Penting untuk
Dipelajari
- Karena menurut data januari 2019. Indonesia
memiliki 150 juta pengguna internet, 150 juta pengguna media sosial, dan juga
130 juta orang yang menggunakan media sosial menggunakan smartphone sehingga mengapa beberapa pemasar saat ini
menggunakan media sosial sebagai strategi pemasarannya.
- Menurut data januari 2020, pertumbuhan
penggunaan smartphone lebih tinggi dari pertumbuhan penduduk Indonesia bahkan
pertumbuhan penggunaan internet jauh lebih tinggi. Kalau kita lihat pertumbuhan
penggunaan smartphone, akses terhadap internet, dan pengguna aktif media sosial
tumbuhnya sangat cepat jika di bandingkan dengan pertumbuhan populasi itu
sendiri sehingga itu merupakan gejala positif yang seharusnya dipandang oleh
entrepreneur sebagai peluang. Artinya muncul suatu pola baru dalam konsumen
kita bahw kita harus mempertimbangkan media digital sebagai strategi marketing
kita dan mulai mengurangi penggunaan strategi konvensional karena media media
konvensional sudah tidak cukup efektif dan efisien bagi entrepreneurship
- Menurut data januari 2019, Rata – rata
orang di indonesia menghabiskan waktu diinternet selama 8 jam 36 min per hari.
Internet mungkin saja diakses mulai kita membuka mata sampai dengan kita
mengakhiri aktivitas kita dihari itu. Ini merupakan peluang yang cukup besar
bagi entrepreneur untuk menggunakan media digital sebagai media promosi atau
pemasarannya. Selain era Revolusi Industri 4.0 yang sekarang sedang banyak
digaungkan. Pandemi Covid-19 telah mengakselerasi penggunaan media digital
karena mobilitas dan aktivitas kita dibatasi oleh pemerintah sehingga
meningkatkan waktu yang kita habiskan untuk mengakses internet dan media
sosial.
- Menurut data januari 2019, YOUTUBE
merupakan media sosial platform yang paling banyak digemari oleh pengguna media
sosial. Data ini merupakan wawasan baru atau informasi bagi para pelaku usaha.
Setidaknya para pelaku usaha bisa mempertimbangkan bahwa mereka bisa memasang
iklan melalui media media platform yang paling banyak dikunjungi oleh para
pengguna media sosial.
SOSTAC Marketing Diagram
Sostac
inilah yang akan kita rancang atau disebut sebagai pemasaran digital yang
kemudian akan kita susan dan kita rancang untuk usaha kita.
- Situation Analysis
Jika kita ingin menggunakan digital marketing
kita harus tau situasi atau posisi kita saat ini. Situation Analysis
menjelaskan tentang posisi kita sekarang
- Objective
Setelah menyusun Situation Analysis kita perlu
juga merancang tujuan kita. Apa tujuan kita
?
- Strategi
Strategi akan membicarakan tentang “how do we
get there ?” atau bagaimana caranya kita untuk mencapai tujuan itu
- Tactics
Tactis merupakan hasil pengkerucutan atau
penyempitan dari strategi yang sudah kita buat atau cara – cara yang lebih
generic yang kita buat untuk mencapai tujuan kita
- Action
Action merupakan permulaan dari tactics yang
sudah dibuat
- Control
Control adalah cara kita memonitor performa
usaha kita. Kita perlu menyusun key performance indicator, apakah langkah –
langkah yang sudah kita susun, strategi yang sudah kita buat, action yang sudah
kita lakukan, sudah cukup bisa memenuhi target kita, apakah sudah bisa mencapai
tujuan yang kita inginkan. Jika tujuan itu belum tercapai maka kita akan
kembali keawal karena ini adalah sebuah siklus
A. Situation Analysis
1. 5S dalam Digital Marketing
- Sell – kita harus mencatat posisi tingkat
penjualan kita itu sudah sampai mana
- Serve – adalah berbicara tentang value
added, bagaimana kita saat ini memberikan layanan kepad konsumen kita, Value
added apa yang sudah kita berikan kepada konsumen kemudian kita evaluasi
kembali
- Save – sudah efisienkah kita dalam hal
biaya ?. Jika kita menggunakan media konvensional maka sudah dipastikan usaha
kita belum maksimal atau efisien. Jika kita sudah bergeser ke media digital
maka biaya yang kita gunakan sudah dipastikan lebih efisien
- Speak – adalah berbicara tentang bagaimana
kita membanguan engagement dengan konsumen kita. Bagaimana kita
mengkomunikasikan produk atau layanan yang kita punya kepada konsumen kita.
Artinya strategi yang kita lakukan apakah sudah efektif bisa menyentuh konsumen
kita
- Sizzle – adalah bagimana kita melakukan
extension kepada produk dan layanan yang kita punyai. Jika dulu kita hanya
menggunakan toko yang artinya konsumen datang ke kita. Tetapi misalkan kita
menggunakan media digital, kita kemungkinan bisa mendekati konsumen bahkan
mungkin cakupan konsumen kita bisa lebih luas. Artinya kita bisa memperanjang
layanan kita begitupun dengan produk – produk kita.
2. Customer insight
Aadalah bagaimana penilaian atau pandangan
konsumen terhadap keberadaan kita
3. E-marketplace SWOT
Penyusunan SWOT berguna agar kita mengetahui
kekuatan, kelemahan usaha kita dan juga kita apa peluang dan ancaman kita dari
luar. Dengan begitu kita bisa mengevaluasi bisnis yang kita lakukan sekarang.
B. Objective
1. 5S Objective
Merupakan tujuan yang mau kita ubah. Apakah
kita mau mengimprove sell atau serve. Seberapa besarkah kita ingin efisiensi
dalam bisnis kita.
C. Strategy
1. Segmentation
Siapkah target kita ?
2. OVP
Apa kelebihan produk kita dari yang lainnya ?
3. Sequence
Bagaimana kita meningkatkan kerdibilitas kita
melalui media digital. Dengan membuat review digital kita jadi mengetahui
apakah produk kita sudah baik atau kita bisa mengetahui kenapa konsumen tidak
puas.
4. Tools
Apa saja yang akan kita gunakan atau channel
apa saja yang akan kita gunakan dalam digital marketing kita.
D. Tactics
- E- marketing mix, termasuk : the
communications mix, social networking
- Details of contract strategy, tentang
bagaimana kita menjalin komunikasi terkait tentang bagaimana kita melakukan
penjadwalan secara detail.
- E-campaign initative schedule
E. Actions
Merupakan detail tentang taktik, siapa yang
melakukan sesuatu ? kapan ?. Action misalkan jika kita melakukan promosi
melalui media digital
- Responsibilities and structures
- Internal resources and skills
- External agencies
F. Control
How do we monitor performance ?. Dalam hal
kontrol kita perlu merancang yang namanya Key Performance Indicators. Ketika
diobjective kita menyusun 5s menjadi tujuan kita maka di Key Performance 5s
harus naik sesuai dengan objective yang sudah kita tetapkan.
- 5Se + Web analytics – KPIs
- Usability testing/mystery shopper
- Customer satisfaction surveys
- Site visitor profiling
- Frequency of reporting
- Process of reporting and actions
Komentar
Posting Komentar